Pengertian Haji Arbain

haji-arbain-masjid-nabawi

Shalat Arbain sebenarnya shalat yang biasa dilakukan oleh umat Islam pada umumnya, yaitu shalat fardhu yang biasa dilakukan dalam sehari-semalam sebanyak 5 waktu. Hanya saja disini, para jemaah haji dituntut untuk melaksanakannya secara berjamaah di Masjid Nabawi sebanyak 40 waktu tanpa terputus satu kalipun. Maka ketika salah satunya ditinggalkan, gugurlah pahala shalat Arbainnya.

Haji Arbain adalah

Arbain secara harfiah berarti “empat puluh”,  sehingga haji arbain adalah ibadah haji yang disertai dengan salat fardhu sebanyak 40 kali di Masjid An-Nabawi Madinah tanpa terputus. Dalam pelaksanaannya, jama’ah haji paling tidak harus tinggal di Madinah saat haji selama 8 atau 9 hari, dan dengan perhitungan sehari akan salat wajib sebanyak 5 kali dan selama 8 atau 9 hari maka akan tercukupi jumlah 40 kali salat wajib tanpa terputus.

Keutamaan Haji Arbain

Adapun keutamaan haji arbain, sebagaimana hadits Rasulullah SAW dari Anas bin Malik yang dapat menjadi sebuah motivasi bagi para jemaah haji, yaitu sabda beliau yang berbunyi, “Orang yang shalat di masjidku (Masjid Nabawi) sebanyak 40 kali shalat tidak terlewatkan satu kalipun, maka telah ditetapkan baginya kebebasan dari Neraka, keselamatan dari azab, dan kemunafikan” (HR Ahmad dan At-Tabrany).

error:
TOP