Umroh Zara Makkah Tour Malang Email Umroh Zara Makkah Tour Malang RSS Feed

Home » Umroh » Maqam Ibrahim » Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim

Sunday, March 3rd 2013. | Maqam Ibrahim, Umroh

maqam ibrahim

Maqam Ibrahim Adalah

Maqam Ibrahim adalah tempat bekas berdirinya Nabi Ibrahim AS tatkala membangun Ka’bah dan terbuat dari batu dan salah satu Mu’jizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim, batu tersebut dapat naik dan turun sesuai kehendak Nabi Ibrahim AS ketika membangun tembok Ka’bah. Letak maqam Ibrahim berhadapan dengan Pintu Ka’bah.

Ahli sejarah Islam Sheikh Mohd Tahir Al Kurdi menerangkan kedalaman salah satu kaki di batu itu adalah 10 cm, sedangkan yang satu lagi adalah 9 cm. Di situ tidak tampak bekas jari jemari karena maqam ibrahim tersebut terbuka. Hal tersebut disebabkan karena bekas-bekas jemari itu hilang akibat lamanya waktu dan banyaknya tangan yang menyentuh. Sedangkan panjang setiap kaki itu adalah 22 cm dan lebar 11 cm. Satu hal yang menunjukkan bahwa postur Nabi Ibrahim itu adalah laksana postur orang-orang di zaman kita saat ini.

Dalam kitab Akhbaar Makkah diterangkan bahwa setelah Nabi Ibrahim as menyelesaikan pembangunan Ka’bah, beliau diperintahkan memanggil semua umat manusia untuk berhaji di Baitullah Al-Haram (Makkah). Lantas Nabi Ibrahim as naik batu yang dinaiki ketika membangun Ka’bah dan batu itu pun langsung naik ke atas sampai lebih tinggi dari pada gunung-gunung yang ada di Makkah.

Dengan kehendak Allah SWT suara Nabi Ibrahim as dapat didengar oleh semua manusia yang ada dan yang akan ada sehingga mereka menjawab, Ya…ya…aku penuhi panggilanmu”. Maka mereka yang menjawab sekali, dia akan dapat berhaji sekali sepanjang umurnya, yang menjawab dua kali akan dapat berhaji dua kali, yang tiga kali akan berhaji tiga kali, dan begitu seterusnya. Adapun yang pada waktu itu tidak menjawab, ia tidak akan dapat melakukan ibadah haji sepanjang umurnya.

Islam tidak menganjurkan umatnya untuk mencium atau mengusap Maqam Ibrahim, namun Islam mengajarkan agar umatnya menghormati Maqam Ibrahim itu sebagai bukti dan tanda kebesaran Allah SWT yang ada di bumi ini. Disunahkan sholat sunah dua rakaat setelah selesai thawaf di belakang Maqam Ibrahim ini.

Sekian postingan menarik kali ini dengan tema Maqam Ibrahim. Semoga bermanfaat ya, terima kasih atas kunjungannya 🙂

Maqam Ibrahim Foto:


Cat : Maqam Ibrahim, Umroh, tags: , ,

Comment For Maqam Ibrahim

OFFICE


ZARA MAKKAH TOUR & TRAVEL

Office Malang:
Jl. Danau Toba C-11 Sawojajar Malang
081252967980 (Zainuddin)
085755501007 (Andre)
08155556236 (Ahmad)

Office Surabaya:
Pasar Wisata Juanda E3
Jl. Raya Juanda Sedati Sidoarjo 61253

Email:
umrohmalang@yahoo.com

Website:
www.umrohmalang.com

Tinggalkan Pesan

Rekening

BANK BCA
No Rek: 6100101104
a/n: Ahmad Zainuddin


Bank Mandiri
No Rek: 141-00-0754121-2
a/n: Ahmad Zainuddin


Bank Danamon
No Rek: 00351433402
a/n: Ahmad Zainuddin